Selamat Datang di MAN Alor - Madrasah Plus Keterampilan, Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Membuat Rangkaian Regulator Power Supply - MAN ALOR | Teknik Elektronika

Header Ads


 

Breaking News

Membuat Rangkaian Regulator Power Supply



| Rangkaian Regulator |
Power supply atau adaptor atau catudaya merupakan rangkaian yang berfungsi untuk mengubah arus AC (bolak-balik) menjadi arus DC (Searah).

Dalam rangkaian power supply ini tegangan dan arus outputnya tergantung dari trafo yang digunakan. Trafo mempunyai tegangan sekunder yang bervariasi dari 6V, 9V, 12V, 15V, 18V, 25V dll, sedangkan arusnya juga bervariasi dari 0,5 Ampere, 1 Ampere, 3 Ampere, 5 Ampere, 10 Ampere, dll.

Dalam video ini dijelaskan secara lengkap bagaimana membuat rangkaian regulator tegangan secara detail agar tegangan output power supply menjadi stabil tidak naik turun.

Komponen utama yang digunakan dalam membuat rangkaian regulator tegangan pada power supply adalah menggunakan IC LM7805 atau IC LM7809 atau IC LM7812. IC ini membuat tegangan stabil pada tegangan 5 volt, 9 volt atau 12 volt, tergantung angka dibelakang yang tertera pada IC. IC ini dapat dijadikan rangkaian penstabil tegangan power supply. Selamat mempelajari tutorial Cara Membuat Rangkaian Regulator Power Supply - Tegangan Menjadi Stabil tidak naik turun, semoga dapat dipahami tutorial dari channel Guru Elektronika.



Tidak ada komentar