Selamat Datang di MAN Alor - Madrasah Plus Keterampilan, Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Perawatan Peralatan Produksi | Teknik Elektronika X Sem.1 - MAN ALOR | Teknik Elektronika

Header Ads


 

Breaking News

Perawatan Peralatan Produksi | Teknik Elektronika X Sem.1

Secara umum perawatan peralatan produksi berfungsi untuk memperpanjang umur serta mengusahakan agar mesin dan peralatan produksi selalu dalam keadaan optimal dan siap pakai untuk pelaksanaan proses produksi. 

Untuk mencapai target produksi, perawatan peralatan produksi harus menjadi perhatian. Bayangkan misalnya lampu penerangan jalan di depan rumah kalian tiba-tiba mati. Setelah dicek, ternyata ada komponen baterai yang tegangannya habis. Meski hanya satu komponen saja yang tidak berfungsi, keseluruhan sistem menjadi terganggu. Jika dibandingkan, komponen peralatan industri pasti jauh lebih rumit. Karena itu, agar dapat selalu beroperasi dengan lancar dan maksimal, peralatan harus dirawat dengan baik dan rutin.

Perawatan peralatan produksi dapat digolongkan ke dalam tiga kategori, yaitu:

  1. Perawatan ketika mesin mengalami kerusakan. Perawatan ini  dilakukan setelah mesin mengalami kerusakan, seperti mesin sudah mati total.
  2. Perawatan pencegahan, yaitu perawatan mesin yang dilakukan sebelum mengalami kerusakan. Perawatan ini dapat dilakukan secara berkala atau secara prediktif (mengantisipasi kerusakan sebelum terjadi kerusakan total).
  3. Perawatan korektif, yaitu perawatan yang dilakukan pada mesin yang masih beroperasi tetapi tidak bekerja normal. Karena itu dilakukan tindakan identifikasi kerusakan dan tindakan perbaikan pada alat.

Berikut contoh jadwal perawatan mesin hidrolik di bidang produksi manufaktur. 

Pada tabel di atas perawatan dibagi menjadi 4 jenis, yaitu: perawatan harian, perawatan mingguan, perawatan bulanan, dan perawatan tahunan.
Untuk menambah wawasan tentang pemeliharaan produksi peralatan elektronik di rumah, silahkan pelajari video di bawah ini.



Baca juga:

Tidak ada komentar