Selamat Datang di MAN Alor - Madrasah Plus Keterampilan, Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Merancang Rangkaian Dimmer Lampu LED Sederhana | Elektronika - MAN ALOR | Teknik Elektronika

Header Ads


 

Breaking News

Merancang Rangkaian Dimmer Lampu LED Sederhana | Elektronika

Dimmer 


Dimmer adalah suatu Perangkat atau Rangkaian Elektronika yang terdiri dari beberapa komponen elektronika yang berfungsi untuk mengubah tegangan dan bentuk gelombang listrik. Istilah Dimmer mengacu pada Pengatur Intensitas Cahaya Lampu, karena penggunaan Dimmer ini umumnya digunakan untuk pengaturan cahaya lampu, seiring dengan perkembanganya rangkaian dimmer kini sudah banyak memiliki kegunaan lain seperti digunakan untuk untuk mengatur kecepatan pada berbagai peralatan listrik lainnya seperti Mesin bor, Gerinda, Pompa air Kipas angin dan perangkat listrik yang terbuat dari kumparan motor.

Fungsi Dimmer 

Dalam aplikasi elektronika banyak sekali fungsi dimmer yang dipergunakan, berikut ini adalah beberapa fungsi diantaranya:

1. Menurunkan daya (watt) yang mengakibatkan lampu atau LED menjadi redup.

2. Mengatur kecepatan kumparan motor seperti Gerinda, Bor,dll.

3. Mengurangi lonjakan arus

4. Mengatur temperatur pada elemen pemanas seperti Heater dan Solder.

Jenis-jenis Dimmer

Berdasarkan jenis arus listrik, Dimmer terbagi menjadi dua macam, yaitu:

  • Dimmer AC merupakan Dimmer yang bekerja menggunakan Listrik AC dan biasanya digunakan untuk  Lampu, Motor Listrik AC, Kipas Angin, Pompa Air, Mesin Bor AC dan peralatan listrik yang menggunakan Listrik AC lainnya yang terbuat dari kumparan
  • Dimmer DC  bekerja pada listrik DC dan umumnya digunakan untuk motor DC, lampu LED 


Dimmer LED

Light dimmer merupakan sebuah rangkaian yang digunakan sebagai pengatur nilai suplai daya yang di pasang pada lampu ruangan. Pada rangkaian elektronika, PWM mempunyai peran penting dalam mengendalikan banyak rangkaian. Dengan menggunakan teknik PWM ini, kita dapat mengatur jumlah daya yang dikirimkan ke perangkat dengan cara mengontrol lebar pulsa sinyal.

Oleh karena itu kita dapat dengan mudah mengontrol perangkat seperti mengontrol kecepatan motor DC, menghasilkan sinyal analog dari mikrokontroler, joystick, dan mengatur redup dan terangnya lampu atau LED.

Komponen Dimmer LED

  • TIP 41C
  • Resistor 560Ω
  • LED Modul 12V DC
  • Potensiometer 10KΩ
  • Kabel Jumper
  • Baterai 12V/ Adaptor 12V
  • Breadboard

Skema dan Rangkaian Kerja Dimmer LED

Baterai 12V atau Adaptor 12VDC digunakan untuk memberi daya pada seluruh rangkaian termasuk TIP 41C dan LED. TIP 41C digunakan untuk menghasilkan sinyal PWM dengan bantuan beberapa komponen pasif.  Sinyal PWM yang dihasilkan kemudian diterapkan ke sekelompok LED berdasarkan Siklus Tugas Sinyal PWM sehingga intensitas cahaya LED bisa tinggi atau rendah. Berikut ini adalah diagram pengkabelan Dimmer LED.


Berikut ini adalah cara merakitnya Menggunakkan Breadboard







Tidak ada komentar